Beranda DAERAH Bikin Susah Masyarakat, Bupati Didesak Tutup PT. TUB

Bikin Susah Masyarakat, Bupati Didesak Tutup PT. TUB

84
BERBAGI
Aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Halbar

JAILOLO – Sejumlah massa unjuk rasa yang tergabung dalam dua Element diantaranya, Forum Mahasiswa Loloda Maluku Utara (PB Formal-Malut), dan Forum Pelajar Loloda Halmahera Barat (FPLH) dua Unsur Element ini menggelar aksi unjuk rasa Yang berlangsung di halaman Kantor Bupati sekitar pukul 10 :30 WIT. Senin (8/18)

Massa mendesak, agar Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat secepatnya menutup dan mencabut izin PT. Try Usaha Baru (TUB) di Kecamatan Loloda.

Koordinator Lapangan (Korlap), Alibasalim Taufi dalam Orasi menyampaikan,meminta kepada Pemda Halbar agar secepatnya menindaklanjuti apa sudah di sepakati bersama saat hering di kantor Bupati yang belum lama ini,” jadi saya minta kepada bupati halbar bpk Danny Missy selaku pimimpinan tertinggi di kabupaten ini, agar secepatnya menindaklanjuti apa yang sudah di sepakati, waktu kami aksi pertama dan di panggil untuk hering bersama beberap petinggi di pemda halbar pada waktu itu.”Tegas korlap Alibasalim yang juga selaku ketua umum PB Formal Malut itu.

Lanjutnya, kami menilai bahwa PT.TUB ini dilindungi oleh para politik elit Pemda Halbar dan Pemprov Malut sehingga PT. Try Usaha Baru ini meluluh lantarkan tanah Loloda, tepatnya diseputaran Kecamatan Loloda yang seharusnya apabila kita mengacu pada UUD no 4 tahun 2009 tentang Asas dan Tujuan pasal 2, maka sudah tentu harus transparansi, kesejahtraan dan manfaat harus diberikan walaupun masih pada tahap eksplorasi, ” Namun sejauh temuan yang ada dilapangan, masyarakat justru dipusingkan dengan janji manis perusahan tersebut.” ungkapnya.

Bukan hanya janji manis, kata Alibasalim, Perusahan Try Usaha Baru ini juga dibantu Pemerintah Desa (Pemdas) di Desa setempat untuk menakut-nakuti warga masyarakat dengan menghadirkan Polisi dan Tentara di areal eksplorasi tersebut. “jadi kami minta kepada Bupati Danny Missy, agar segera menutup perusahan PT. Try Usaha Baru itu, kerena waraga masyarakat loloda sudah resah dengan perlakuan yang di lakukan oleh perusahan tersebut.”harapnya.

 

Reporter: zulfikar saman