Beranda DAERAH Jelang Pilpres Dan Pileg 2019, Panwascam Oba Utara Gelar Rapat Koordinasi

Jelang Pilpres Dan Pileg 2019, Panwascam Oba Utara Gelar Rapat Koordinasi

43
BERBAGI

 

Rapat Koordinasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

SOFIFI – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan gelar rapat koordinasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Pada Pemilihan Anggota DPR, DPD, DPRD Serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019, yang berlangsung di Aula Penginapan Yusmar, Desa Balbar, Kec. Oba Utara. Selasa (10/4).

Ketua Bawaslu Kota Tikep Ismail Idris dalam sambutannya mengungkapkan data hasil survey jumlah penduduk Kota Tikep ” Sesuai dengan hasil survei jumlah penduduk yang ada di Kota Tikep Mencapai 100.000 orang.Namun, jumlah jiwa pilih sementara (DPS) yang masuk dalam DPT Kurang lebih 70.000 orang, Jumlah DPT 2018 sama dengan hasil survei pada tahun 2015 yang terdapat dalam setiap Desa dan Kelurahan yang jumlah masyarakatnya kurang lebih 300/400 orang” Terang Ismail.

Ismail juga menambahkan, dalam waktu dekat akan dibentuk pengawas khusus untuk meminimalisir potensi terjadinya kecurangan.” Pada Bulan Juni Akan di rencanakan dibentuk pengawas TPS, berbasis TPS yang bertujuan untuk dapat mempersempit peluang kecurangan dan pelanggaran pemilu yang nantinya akan terjadi” Tambahnya.

Selain itu, Ismail juga mengingatkan kepada penyelenggara/pengawas jika menemukan pelanggaran dalam bentuk apapun, terlebih lagi adanya money politic agar bertindak sesuai aturan yang berlaku.

Ismail mengajak kepada seluruh pengawas agar bekerja dengan profesional dan tidak bekerja untuk salah satu calon.” Kemudian, untuk para penyelenggara harus bekerja yang bersifat¬†netralitas sehingga dapat merangkul kembali masyarakat untuk mengarahkan sesuai aturan pemilu yang sudah di terapkan” Tutup Ismail.

Turut hadir dalam Rakor tersebut Saifudin Gamtohe selaku Camat Oba Utara, Sudirman Harun selaku Ketua Panwascam, Ismail Idris selaku Ketua Panwaslu Kota Tidore , Riswanti Alkatiri Defisi Pengawasan, Perwakilan para tokoh Agama , tokoh Pemuda , tokoh Masyarakat di setiap Desa dan Kelurahan Kec. Oba Utara yang berjumlah sekitar 30 orang.

Reporter: Wahyudi Yahya

loading...