Beranda DAERAH Saiful Turuy Membuka Dengan Resmi TOT Penyegaran Pemberdayaan Masyarakat Dan Gender

Saiful Turuy Membuka Dengan Resmi TOT Penyegaran Pemberdayaan Masyarakat Dan Gender

19
BERBAGI
Kepala Dinas Pangan Provinsi Maluku Utara Saiful Turuy

TERNATE – Dinas Pangan Provinsi Maluku Utara gelar TOT Penyegaran Pemberdayaan Masyarakat dan Gender yang dibuka oleh Saiful Turuy selaku Kepala Dinas Pangan. TOT berlangsung di Hotel Grand Majang Kota Ternate. Rabu (11/4).

Dalam sambutannya Saiful mengatakan, penyelenggaraan TOT tersebut untuk memperkuat fungsi dan peran dari anggota kelompok mandiri (KM),” Kegiatan pemberdayaan masyarakat dan gender dilaksanakan untuk memperkuat peran anggota dalam kelembagaan Kelompok Mandiri (KM) Kelembagaan KM merupakan organisasi yang dibentuk oleh masyarakat miskin penerima manfaat yang berfungsi untuk menjembatani anggota dalam memperoleh akses untuk meningkatkan taraf hidupnya”, Kata Saiful sebelum membuka TOT dengan resmi.

Dia menambahkan, Periode SOLID tahap pertama (2011-2014) telah memberikan berbagai fasilitasi kepada KM baik untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan KM maupun keterampilan bagi pengurus dan anggotanya.

Oleh karena itu, lanjut saiful, tahap selanjutnya akan dibuat kegiatan untuk memaksimalkan kelompok mandiri (KM) yang telah dibentuk.” Untuk memperkuat kapasitas anggota dan organisasi KM, maka pada tahap kedua kegiatan SOLID (2015-2018) dilakukan pendampingan dan pelatihan-pelatihan penyegaran. Dalam upaya penciptaan ikatan antar anggota dalam kelompok maka dilakukan pula kegiatan menabung atau simpan pinjam dan lain-lain, yang dikawal secara intensif oleh petugas pendamping lapang (Fasdes) yang ditugaskan dan ditempatkan di setiap desa” Jelasnya

Kegiatan workshop pemberdayaan masyarakat dan gender Tahun 2018 lebih difokuskan pada TOT penyegaran pemberdayaan bagi pendamping untuk penguatan kapasitas pendampingan bagi kelompok-kelompok menjelang berakhirnya kegiatan SOLID dengan menggunakan pendanaan LOAN dan APBN Pembekalan atau training workshop dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat provinsi dimana peserta pembekalan di tingkat provinsi ini nantinya memberikan pembekalan kepada peserta pembekalan di kabupaten sebagai bekal peningkatan kualitas pendampingan KM dan Federasi.

Saiful berharap peserta TOT dapat memanfaatkan sebaik mungkin pertemuan tersebut.”saudara-saudara dapat memanfaatkan pertemuan ini sebagai momen yang tepat dalam rangka penyegaran dan memperluas wawasan tentang pemberdayaan masyarakat dan gender” Kata saiful berharap

kegiatan tersebut diikuti oleh pelaksana SOLID Kabupaten sebanyak 50 orang yang terdiri dari Koordinator, Officer Monev, Officer CD-Gender, Asisten CD-Gender, Supervisor dari 6 Kabupaten, dan pelaksana SOLID Provinsi Maluku Utara.

 

Reporter: Wahyudi Yahya