Beranda DAERAH Pemkab Halsel Gelar Sosialisasi Stunting

Pemkab Halsel Gelar Sosialisasi Stunting

13
BERBAGI

 

Bupati Halsel Saat Memberikan Sambutan pada Sosialisasi Stunting

LABUHA – Bupati Halmahera Selatan (Halsel), Bahrain Kasuba mengadakan pertemuan dengan Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga dr Kartini Rustandi M,Kes dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Dr. Idhar Sidi Umar, Asisten I Amirudin Dukomalamo, Pertemuan tersebut membahas dan mensosialisasikan penyakit Stunting yang juga dihadiri oleh sejumlah Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Halsel, serta Tim Penangulangan Penyakit Stunting di Pulau Pogo-pogo Hailoa. Kamis (12/04)

Perlu diketahui, penyakit stunting merupakan penyakit perlambatan masa pertumbuhan manusia secara fisik yaitu tinggi tubuh manusia yang tidak optimal dan otak yang tidak berkembang (tidak normal) , Sehingga Direktur Kesehatan Kerja dan Olaraga merasa perlu memberi gambaran tentang kandungan gizi pada makanan agar supaya penyakit tersebut dapat diatasi di masyarakat.

Dalam sambutan Bupati Halsel, Bahrain Kasuba menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang harus diseriusi, dalam penanganan aspek kesehatan, dengan adanya stunting tersebut,” dimana Kabupaten Halsel merupakan salah satu dari kurang lebih 100 kabupaten di Indonesia yang perlu melakukan penanganan terhadap penyakit itu”, ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kartini Rustandi selaku Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga memberikan apresiasi kepada Bupati Halsel yang mendapatkan penghargaan Lapor Cepat Malaria (Lacak Malaria) tahun 2018 pada Forum World Summit On Information Of Society (WSIS), di Jenewa Swiss.

Lanjut Kartini, informasi terkait Dirjen Kesehatan Masyarakat (Kesmas) dibagi menjadi 5 bagian wilayah yang tersebar di Indonesia dan saya adalah salah satu perwakilan yang mendampingi untuk mensosialisasikan penyakit tersebut di beberapa kabupaten yang tersebar di Wilayah Maluku Utara

“Saya bersyukur bisa berada dan sampai di kab. Halsel, sebelum 10 tahun lalu saya juga telah berkunjung di Pulau Morotai dan Alhamdulillah saya bisa sampai ke Pulau Bacan, Halmahera selatan.” ungkapnya.

Kartini juga menjelaskan bahwa ini merupakan Intruksi Presiden Joko Widodo karena penyakit tersebut tidak seharusnya ada di Wilayah Indonesia, sebab Indonesia merupakan negara yang kaya dengan sumber daya alam.

Dirinya berharap kedepan kegiatan ini bisa berjalan baik dengan dukungan dari seluruh SKPD yang berada di Halsel sehingga bisa bekerja sama mengatasi masalah-masalah terkait penyakit stunting di Halsel dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi agar masyakarat tidak tertular dari penyakit tersebut.

Reporter: Sahril H Hi Kasim