Beranda DAERAH Panwasca Weda Utara Gelar Kegaiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu

Panwasca Weda Utara Gelar Kegaiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu

25
BERBAGI

 

WEDA – Panita Pengawasan pemilihan Umum Kecamatan Weda Utara, Kabupaten Halmahera Tengah  melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di gedung serba guna Desa Sagea.

Kegiatan yang bertema ” Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif” disertakan dialog.

Tujuan dari kegiatan ini untuk bagaimana mengajak Masyarakat turut serta berpartisipasi dalam mengawasi penyelengaraan PILKADA tahun 2018 dan Pemilihan Umum Tahun 2019 khususnya di Kecamatan Weda Utara.

Ketua Panwascam Weda Utara Safi Din, dalam sambutannya mengatakan, Dalam Rangka suksesnya Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Tahun 2018 Dan Pemilihan Umum Tahun 2019 Maka Bersama Ini  Panitia Pengawasan Pemilihan Umum Kecamatan Weda Utara Melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, “sosialisasi ini dilakukan guna untuk menerpakan pengawasan pasrtisipatif,” Ucap Safi

Safi Juga menyatakan, Keterlibatan Masyarakat dalam pengawasan sangat penting pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur maupun Dengan kegiatan sosialisasi ini kita sebagai penyelengara pengawasan menginginkan kepada Masyarakat dan stakholder agar aktif untuk membantu kami dalam pengawasan tahapan yang sedang berlangsung. namun dibutuhkan pula peran kolektif Masyarakat. Sehingga pelanggaran-pelanggaran yang sering terjadi di setiap momentum pemilihan bisa diperkecil dan di hilangankan melalui keterlibatan Masyarakat dalam Pengawasan Pemilu Partisipatif.

“Maka dari ini saya sebagai Ketua Panwas Kecamatan Weda Utara mengajak kepada Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Unsur Pemerintah dan Penegak Khususnya di Weda Utara, agar dapat bekerja sama dalam mengawal jalannya Pemilu 2018/2019 yang aman,” papar Safi.

Safi juga tidak bosan-bosan menghimbau kepada Apartur Sipil Negara (ASN), kepala Desa dan perangkat Desa Tidak bisa terlibat dalam politik praktis.

” Kami dari panwascam  tidak main-main akan selalu mengawasi dan melihat ASN beserta Aparatur Desa apabila kedapatan akan dipanggil dan verifikasi,” jelasnya.

Perlu diketahui bahwa turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Anggota komesioner Panwaslu Kabupaten Halmahera Tengah kordv pengawasan dan  sosialisasi, Husnul Husen, Kepala subsektor Weda Utara, UPTD, Perwakilan Camat, tokoh Agama, tokoh Masyarakat, tokoh Perempuan, dan tokoh Pemuda.

 

Reporter: Afandi Musei