Beranda DAERAH Koperasi Nelayan Bangun Sinergitas

Koperasi Nelayan Bangun Sinergitas

46
BERBAGI
Foto kerja bersama di lokasi kegiatan

DARUBA – Bangun sinergitas melalui HUT RI ke – 73, empat koperasi lantas menggelar sejumlah kegiatan bertempat di Sentral Perikanan Kelautan Terpadu (SPKT), Desa Daeo Kecamatan Morsel.

Tidak kurang dari dua ratus nelayan didampingi sanak keluarga, serta seluruh pengurus dari empat koperasi, hadir dalam kegiatan tersebut, Kades Daeo Majiko, Jamin Hi. Gorahe, dalam sambutannya memberikan apresiasi atas kegiatan yang digelar.” Saya sangat mendukung kegiatan ini. Karena itu, saya harap kegiatan seperti ini, jangan hanya setahun sekali, tapi setiap bulan sekali, sehingga empat koperasi yang tersebar di empat desa ini, bisa saling mengenal,” Harap Jamin. Minggu (19/8).

Sementara itu, Kadhan Lobi, selaku koordinator pandu laut, mengatakan, kegiatan ini, merupakan bagian dari sinergitas yang dilakukan antar pengurus koperasi beserta sesama nelayan.”Jadi barang yang ada di empat koperasi, mulai dari alat tangkap, coolbox dan lainnya, merupakan hibah dari kementrian kelautan dan perikanan langsung, untuk memudahkan nelayan yang ada di sini,” Ungkapnya.

Koperasi ada yang ada di koperasi ini. Karena itu, dalam kesempatan kemarin, dirinya juga sempat menyentil ketidakhadiran pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Morotai.”Ini hajatan nasional, bukan daerah, karena itu, kami dengan sengaja memang tidak mengundang dinas terkait ataupun perwakilan dari Pemkab,”Singgungnya.

Kegiatan yang digelar, terpusat dan serentak di seluruh Indonesia. Sementara itu, perwakilan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) Budi, mengaku, jika kegiatan yang digelar, merupakan bagian dari rangkaian HUT RI.”Jadi hari ini, ada bersih-bersih pantai, pembakaran sate ikan tuna sebanyak 2018 tusuk, diikuti 1945 ketupat untuk disantap secara bersama,”Ungkap Budi.

Kegiatan ini, sambung Budi, dilakukan secara serentak di 73 titik di Indonesia.”Salah satunya di Kabupaten Pulau Morotai. Pesan dari ibu Menteri, Susi, nelayan disini (Morotai -red) harus kompak dan sejahtera,”Katanya.

Empat koperasi Kementerian Kelautan dan Perikanan diantaranya, Koperasi Tuna Pasifik dari Desa Sangowo, Kecamatan Mortim, Koperasi Tuna Taruna Selatan, Desa Daeo Majiko Kecamatan Morsel, Bubu Moro Desa Bere-Bere Kecamatan Morut, dan Koperasi Jiko Rahmat, Desa Kolorai Kecamatan Morsel.

Reporter: INK

loading...