Beranda DAERAH Pilkades Aman, APDESI Kab.Halbar Berikan Apresiasi Masyarakat

Pilkades Aman, APDESI Kab.Halbar Berikan Apresiasi Masyarakat

89
BERBAGI
Ketua APDESI Kabupaten Halmahera Barat

JAILOLO – Ketua Dewan Pimpinan Cabang  Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Halmahera Barat  memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah melaksanakan Pilkades serentak tahap II tahun 2018 yang berjalan aman dan kondusif.

” Saya Rustam Fabanyo selaku Ketua DPC APDESI Kabupaten Halmahera Barat memberikan apresiasi kepada seluruh warga masyarakat khususnya Desa-desa yang melaksanakan Pilkades serentak periode 2018-2024. dimana dinyatakan sukses, adapun gesekan-gesekan hal kecil itu merupakan suatu kewajaran tetapi telah diselesaikan secara bijaksana,” jelas Rustam, Kamis (8/11).

Lanjut Rustam sapaan akrab Ketua APDESI Halbar menuturkan bahwa panitia Pilkades tingkat Desa dan Pilkades tingkat Kabupaten terkait dengan pendataan DPT  harus dibedakan antara Pileg, Pilpres, Pilkada, dan Pilkades,” Pileg, Pilpres, dan Pilkada itu kewenangan memplenokan DPT itu ada di KPU tapi kalau Pilkades DPT Pilkada sebelumnya itu adalah DPS Pilkades  kemudian untuk di foll – up dan diproses kepada semua masyarakat yang ada di Desa,” tegasnya.

Semangat Pilkades, kata Rustam, adalah semangat kearifan hingga hak-hak masyarakat untuk memilih pemimpin mereka itu harus dihargai dan diakomodir jangan karena sebuah administrasi terus hak masyarakat didiskriminasi dan dikebiri bahkan diabaikan,” Untuk itu kami dari APDESI Halmahera Barat memberikan saran dan kritik tegas pada Panitia Kabupaten agar kedepan pada Pilkades 2020 menyangkut DPT punya catatan khusus dan harus berikan sosialisasi yang betul-betul efektif dan selektif sehingga hal ini agar tidak terjadi pemahaman-pemahaman yang bias ditingkat,” tegasnya.

Dia menambahkan, menyangkut dengan pemahaman, inikan saya pernah menyampaikan dan ikhtiarkan  sebelumnya untuk itu di Pilkades tahap kedua ini adalah sebuah pengalaman dan pembelajaran perlu kita evaluasi dan kemudian pada Pilkades tahun 2020 hal-hal seperti itu tidak terulang lagi,” Saya berharap kepada Kepala Desa yang terpilih agar menciptakan ketertiban agar suasana tercipta secara kondusif,” harapnya. (zul)

loading...