Beranda DAERAH Bawaslu Halsel Pilih Kasih Tertibkan Alat Peraga Kampanye

Bawaslu Halsel Pilih Kasih Tertibkan Alat Peraga Kampanye

210
BERBAGI
Salah satu baliho caleg yang masih terpasang di areal terlarang

LABUHA – Sejumlah alat peraga kampanye (APK) milik calon legislatif (Caleg) masih terpasang dan berdiri kokoh diareal terlarang di wilayah ibu Kota Labuha dan sekitarnya. Padahal hari ini (15/11) sudah memasuki hari kedua pasca penertiban Alat Peraga Kampanye (APK), yang di lalukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Selatan.

Berdasarkan amatan kabardaerah.com, di sejumlah titik pada Kamis (15/11/2018), ditemukan sejumlah APK Pemilu 2019 dia biarkan terpasang di areal terlarang. Seperti di Desa Rawabadak Amasing Kota Utara misalnya,  Baliho dan spanduk Caleg di pasang di depan pintu masuk Masjid ada juga beberapa di pasang hanya berjarak sekitar 7 meter dari depan pintu masuk Sekolah SMP Negeri 1 Halsel, ini tidak di tertibkan.

Hal tersebut tentunya telah melanggar Peraturan KPU nomor 23 tahun 2018, KPU RI nomor 196 dan UU nomor 7 serta keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) nomor 16 tahun 2018 tentang penetapan lokasi pemasangan Alat Peraga Kampanye yang mana jaraknya 50 meter dari fasilitas Pemerintahan,  Rumah Ibadah,  Sarana Pendidikan (Sekolah) dan fasilitas umum lainya.

Menanggapi hal diatas, Anggota Bawaslu Halsel, yang juga Devisi Pengawasan yakni Rais Kahar saat di konfirmasi, kepada kabardaerah.com dirinya mengaku segera memerintahkan Panwas Kecamatan Bacan untuk melakukan penertiban seluruh APK yang di pasang di areal terlarang di wilayah Bacan salah satunya di Desa Rawabadak Amasing Kota Utara tersebut.” Supaya tidak terkesan ada pilih kasih maka seluruh APK Pemilu 2019 berupa Baliho dan spanduk yang terpasang diareal terlarang di wilayah Halsel khususnya di kota Labuha harus di tertibkan sebagaimana kesepakatan bersama partai politik (Parpol).” katanya.(iel)

loading...